Sunday, August 12, 2012

pulang kampung 1

Pulang Kampoeng
part 1


yipiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,Lebaran sebentar lagi na na na naaa dubi dubi dam dam,,,,hahahahh :):). Niy dia yang paling ditunggu-tunggu di bulan Ramadhan, tak lain tak bukan adalah “pulang kampung'. Apalagi buat anak rantau seperti saya, gk sabaran euy..hari ini sudah H-6, cuma saya belum pesan tiket pemirsah, cie gayanya kayac ada Airport aja di SIDIKALANG City hehehe..


Sidikalang at a glance,,
yup itu dia nama kampung halaman saya 'sidikalang city'. Sekilas tentang kampung, sidikalang disebut juga Kabupaten dairi. Penduduk asli Kabupaten Dairi pada awalnya adalah Etnis Pakpak atau lebih umum dikenal dengan sebutan Batak Pakpak. Berdasarkan hasil penelitian terakhir, Etnis Batak terdiri dari beberapa Sub-Etnis yaitu: Toba, Karo, Mandailing, Angkola, Pakpak, Simalungun. Namun saat ini jumlah mayoritas suku yang menduduki Kabupaten Dairi tersebut adalah masyarakat dari Etnis Batak Non Pakpak (Toba/Simalungun/Karo) dan sebagian kecil Etnis Jawa dan Etnis Tionghoa-Hokkien. Adapun kini masyarakat dari suku Pakpak terkonsentrasi di beberapa Kecamatan terutama di kecamatan-kecamatan yang kini berada di bawah kabupaten Pakpak barat.


brangkat!!!! hahhahahh
Masih seputar pulang kampung, current town saya saat ini berada di Kota MEDAN. Jarak tempuh dari kota Medan ke sidikalang sekitar 4jam dengan kendaraan roda 2 atau 4 (kalau naik kerbau atau babi) pikir-pikir dulu kali ye hahahaha.. apalagi kalau mau menggunakan jasa Tarjan, sepertinya bukan solusi yang baik pemirsah. Walaupun sidikalang banyak hutannya, kayacnya Tarjan bakalan sibuk mainin Blackberry ato playstationnya..huahhaha..maaf ngelantur saya ;);)


berhubung Lebaran masih beberapa hari lagi, kali ini saya akan membahas all about sidikalang (esehh makin inggris aja gue :D). jadi disini saya akan menjabarkan beberapa ciri khas kota sidikalang, mulai dari hasil alam, dan yang pastinya tempat wisata di daerah sidikalang. Mungkin sebagian teman uda tahu yang namanya 'TAMAN WISATA IMAN”. Sip,, untuk lebih lengkapnya langsung ke TKP.. Camera roll on,, Action!!


HASIL ALAM

1. KOPI
bukan rahasia lagi kalau kota sidikalang adalah penghasil kopi yang tersohor hingga keluar negeri. Ada beberapa jenis kopi yang dibudidayakan. Ada kopi Robusta, Arabika atau lebih dikenal dengan kopi ateng. Disebut kopi ateng karena tumbuhnya juga tidak setinggi kopi Robusta. Kopi jenis ini juga di sebut kopi Si GARAR UTANG (bayar hutang). Karena terhitung dari penanaman hingga panen, waktunya tidak terlalu lama. Dan setelah menghasilkan buah, kopi ini bisa dipanen 1X dalam 2 minggu pemirsah,, Nah loe cocok khan namanya sebagai kopi pembayar hutang hahah..ada-ada ajah!!:)



Kopi Robusta
sumber: Mbah Google










kopi arabika/kopi ateng

Adalagi satu jenis kopi yang sangat terkenal. Sebut saja KOPI LUWAK. Kopi ini merupakan kopi termahal didunia. Padahal kopi ini perpaduan antara biji kopi berbalurkan Pup ato Eek binatang Luwak huahahah..maaf!!:D.. jadi begini kronologinya:

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Dengan indera penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang optimal sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang masih dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Hal ini terjadi karena luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, sehingga makanan yang keras seperti biji kopi tidak tercerna. Biji kopi luwak seperti ini, pada masa lalu hingga kini sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia. Ajibbb!! 

Musang Luwak





 





Tu khan liat aja bentuknya..Replika P** upss....hahaha.. tapi rasanya ajibbb


Luwak kopi juga pernah menjadi Topik dalam program
                 'OPRAH WINFREY TALK SHOW'
















 2.DURIAN

omigoshhhhhh.. siapa sich yang gk tahu dengan buah berduri nan lezat ini. Untuk kawasan sumatra, durian sidikalang cukup tersohor lho, bahkan di kota medan, para penggemar durian sudah tidak asing dan sering menjadikan durian sidikalang sebagai pilihan. Tapi sebetulnya ada sesuatu aib yang ingin saya ungkap disini,, kasitahu gk ya (mikir dalam2) hehehe. Sebetulnya bukan aib sich..

Jadi begini.. Durian sidikalang yang terkenal manis dan lemak bukan berasal dari sidikalang Tapi tepatnya dari kabupaten Parongil. Kota Parongil bisa ditempuh selama 2 jam dari sidikalang. Cuma, karena kota ini bukan daerah lintasan, jadilah kota sidikalang sebagai daerah pengepul alias penampung si durian. jadi ya,, ndak ada salahnya juga kalau sidikalang yang kecipratan nama beken :). khan Parongil sudah beken juga dengan dibukanya tambang Emas baru di SOPO KOMIL kabupaten parongil..Tuhan itu maha adil ;);).. hidup Parongil.. 

eeee tahee..lemak kalilah Kau


masih menggantung saja sudah mantap






Dikawasan Iskandar Muda medan ada salah satu pedagang durian yang cukup terkenal. namanya Ucok Durian..




EEhh Cok,, jujur kau dulu ya. betulnya durianmu dari sidikalang?? .jangan pulak membual kau bahh. tak apalah kalau kau jual durian dari kampung lain, asalkan jangan kau jual nama sidikkalang Nauli. sepakat Lae!!.   jadi maccam-maccam diatur sikit bahasa itu ya.. HHa lanjutlah.. jual kaulah durian itu..laris ya!!. Ingat JUJUR, jangan bikin silap kau.. yang suka bohong BODAT itu namanya, masuk neraka, dipanggang maccam kue nastar :):) buhahhaha (batak style)


Selain itu ada tanaman lain yang menjadi penghasilan masyarakat sidikalang/dairi. Seperti Nilam, kemenyan, Rotan, Kemiri, coklat buah-buahan (jeruk,terong belanda,dkk) dan tak lupa sayur mayur.


DAERAH WISATA

Tidak banyak daerah wisata yang terdapat di sidikalang. Tanpa maksud melebihkan, satu yang spectaculer disini, landscapenya itu lho, natural abis. Saya sering melihat pemandangan khususnya didaerah sumatera, sebut saja brastagi, siantar, brandan, sibolga dll. Nah view sidikalang sendiri tidak kalah dengan kota yang saya sebutkan, bahkan kagak ada ape-apenya (JEKARDAH StyLE ;)). tapi jangan dibandingin sama viewnya danau toba ya hehehe. Kalau buat yang satu ini, korting dech pemirsah.


Saat ini ada satu tempat wisata yang cukup populer di sidikalang. Disebut sebagai “TAMAN WISATA IMAN'. Kenapa disebut sebagai taman wisata iman??. hal ini dikarenakan terdapat 5 rumah Ibadah disana, Mulai dari MESjid, gereja,vihara, pura. Kalau rumah ibadah saja sich biasa, tapi tempat ini memiliki keunikan tersendiri, karna disini juga dibangun tiruan dari tempat_tempat sakral seperti mekkah, jerusalem dan lain-lain. Nah kesemua wadah ini dibangun sedemikian rupa di atas bukit di daerah Desa SITINJO atau sering disebut juga “LETTER S'. karna jalanan dikawasan ini lumayan berkelok seperti huruf “S' mantapp!. Namanya juga diatas bukit, pastinya VIEWnya sangat indah. belum lagi udaranya, lebih dingin dibandingkan Brastagi euy.. huhhh jadi kebayang waktu SMU. Waktu itu kebut-kebutan dijalan ini sembari asap/uap yang keluar dari mulut bruakakk ;)


Dan Taraaaaa..ini dia 'Taman Wisata Sitinjo'


keberadaan rumah ibadah di atas bukit menyuguhkan pemandangan yang ruarrrrrrrrr biasa



mesjid


Replika Ka'bah. ada tempat lontar jumrah juga


Bahtera Nabi Nuh

kalau yang hobby photography, untuk mendapatkan background awan seperti ini mah gampang, secara diatas bukit jadi gk pakai DSLR juga bisalah..;);)



ini pemandangan kalau dilihat dari atas lokasi taman wisata iman
vihara ini aslinya bagus banget lho. apalagi kalau masuk ke dalam vihara





Gambar-gambar diatas masih sebagian saja. untuk lebih detailnya, datang saja langsung ke sidikalang. jadi jangan ngaku pernah ke Sidikalang kalau belum singgah di Taman Wisata Iman.TWI juga sudah pernah menjadi salah satu tempat lokasi syuting  Sinetron pendek di Televisi (beneran lupa judulnya). selain tempat wisata, TWI juga akrab dengan penggemar paralayang, karena memang berada diketinggian yang cukup baik untuk jenis olahraga tersebut. Perlu diketahui TWI di dirikan sebagai bentuk Toleransi antar Umat beragama, khususnya di Kota Sidikalang. DAMAI ITU INDAH ,,,,,,,,;););)



So sekian dulu ya,, masih ada sequel berikutnya, jangan bosan-bosan berkunjung ke blog saya ya..



nite blogger
thanks
 ;);)

15 comments:

  1. wuihh makin ajibb aja nih blognya keliatan ya kl sang blogger bukan org sembarangan hahahahaha centeng x sorry canda ya sista tp jujur lho baca blognya emang asyik banget nambah wawasan jd lbh berasa tereducated caileeee istilahnya lbh ngerasa smart gitu loh lbh srg posting lg dunk ya I like your style :) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiihh ada mbak q.. masih harus banyak belajarlah mbak, tapi makin semangat kalau ada suppor dari @tyna_cheers..semoga bermamfaat ya mbak, doaken makin berisi otakne, kantongne, smua smua :):

      Delete
  2. Hahahaha...:-D
    Dman nit psan tiket psawat ny, melalui onlie Bs jg gak?
    asyik ne t4 nya?
    Nant klo awk ksan bs kan numpang d rmh ??????
    Hehehe...;-)

    ReplyDelete
  3. @sriratna : masih jauhlah mbak, masih perlu banyak belajar. tapi mudah-mudahan ada rekomen saya jadi penulis skenario huahha.ngarep..maksi ya komennnya,,jangan bosan2 singgah dimari..monggo ;);)

    ReplyDelete
  4. @melfina.. boleh kalilah pin, namany kawan awak.. kalau betul2 datang kesidikalang tak kasi 1 colt diesel durenlah..Ta oleh2in kopi juga, sekalian bibit kopinya, biar jangan sawit aja diperdagangan tu..;)

    ReplyDelete
  5. Membahas seperti ini perlu bukti!!
    Ga boleh modal ngomong.. tante harus bawa kopi luwak 1 kg, durian 1 kg, Taman Iman 1 kg (eh salah.. )

    Hormat buat blog tante!!
    Bahasanya kampungan abis.. Pokoke enak dibaca!

    ReplyDelete
  6. @salomo: wukakakak itu dia mo,topiknya khan sidikalang, masa tante pakai bahasa MARKET atau bahasa JEKARDAH.. pengennya diselipin bahasa BATAK,tapi gk pinter2 amat saya..tapimakasi atas komennya..sering2 singgah ke gubuk curhat saya ya..

    HENITA ANAK KAMPUNG TAPI GK KAMPUNGAN HUHAHAHAHH

    ReplyDelete
  7. Weizzz..makin kesini makin berisi..(sesuai body..montox..hahay:D)..
    tp sayang uni g pernah di ajak ke kampong:(
    hmmm...lama2 bakat dirimu kluar..allout...tulis aja apa yg ingin ditulis daripada menari2 di kepala n bikin mumet klo g diekspresikan dg kata..zziieehh...ya mna tau ntr dilirik editor mjalah..y mjalah apa ajalah..ttg wisata ataupun floraa fauna...wkwkwkkk....trubus masih ada g ya??hihii...b ur self in words..but to improve must be learn more...cayoooo....keep ur style:)

    ReplyDelete
  8. @saujana Qalby..yes pengunjung dari PADANG tiba.. tulisan yang lebih serius ada di buku special saya UNI,cuma saking kebanyakan males ngetiknya dimari..MAKASI ATAS DOANYA.. sekarang di medan ada TRIBUN, waktu mau buka, Ta pernah ditawarin jadi Manager Editor langsung sama pemegang sahamnya yg kebetulan Ta Prospek..cuma saya ndak pede uni..itu sekitar 2 tahun lalu.. terbukti tribun masih belum tenar juga hingga sekarang.mungkin karena tidak ada saya disitu wuhahahahha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkkk..pede jerenk:D
      kesempatan kok ditolak???paling g di awal jadi penulis ttpnya aj dulu..side job..hehe..ajak2 uni jg..hahay:D...tp klo ambo mudian...klo g mood jadi bisu kelu...ayo diperbanyak perbendaharaan kata...biar makin sip...tpi kesan dirimu hrs masih terasa dimana hal srius bisa di sajikan dg santai n bocor halus dikit gpp..hihii...:)...yg g ngerti pusing..pusing dah..hehe

      Delete
    2. iyah,, seperti biaso uni, penyesalan selalu datang di akhir,kalau diawal khan namanya Pendaftaran yah hihihi.. emang ada yg gkngerti uni, salah satu marketing pengen baca, ehhh masih paragraf 1 aja nanya mulu..'maksudnya apa buk'.. ituuu aja yang di tanya wwkkwkk

      Delete
  9. oh...
    ternyata duren ucok itu dari sidikalang toh...
    klu gitu bagusan makan duren nya di sidikalang aja langsung ya
    mantap lagi sambilan dodok nunggu jatuh di bawh pohon nya
    hahahah

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. @winda..bisalah.. asal jangan kayac Ayah Jhon aja..kepala nyaris ketimpa duren wkwkwkwkk

    ReplyDelete

kasi masukan positif ke saya ya..makasiiiii